Juarai Catalunya, Lorenzo Ukir Kemenangan Hat-trick

CATALUNYA, KOMPAS.COM - Luar biasa penampilan Jorge Lorenzo di Grand Prix Catalunya, Minggu (4/7/2010). Dalam lomba 25 lap ia berhasil memenangkan balapan putaran ketujuh di sirkuit Catalunya berjarak 4,727 meter dengan waktu tempuh tercepat 43 menit 22,805 detik.

Dengan kemenangan ini, pebalap tuan rumah ini semakin memantapkan diri di posisi teratas sementara dengan 165 angka. Ia tampil begitu sempurna dan sekaligus melengkapi kemenangan hat-trick musim balapn tahun ini, setelah sebelumnya di Silverstone (Inggris) dan Assen (Belanda). Tak cuma itu, sebelum lomba dirinya juga mengukir hat-trick untuk pole position.

Saat start Lorenzo  sempat disalip pebalap tuan rumah lainnya Dani Pedrosa. Bahkan di lap 3, rekan setim Pedrosa, Andrea Dovizioso berhasil melibasnya, meski di lap keempat diambil kembali posisi terdepan sampai finish.

Lorenzo satu-satunya pebalap yang selama 25 lap tanpa melakakan kesalahan sedikit pun. Dengan tenang ia dapat mengatasi tekanan lawan. Terutama dari pebalap Honda Dovizioso.

Sementara tempat kedua direbut Dani Pedrosa. Pebalap Honda ini membuat kesalahan di tikungan pertama. Akibat kecepatan yang tinggi, sehingga melebar dan keluar tikungan. Posisinya pun melorot jadi ke-10. namun sampai lap ketiga ia sudah mampu memperbaiki posisinya jadi kelima.

Tempat ketiga direbut Casey Stoner dari Ducati. Sama seperti Pedrosa, pebalap Australia ini juga membuat kesalahan pada lap ke lima. Juga menikung terlalu melebar, sehingga bisa diambil Davozioso dan De Puniet.

Coba memperbaiki posisinya, namun harus bersaing ketat sama Pedrosa. Beberapa kali coba melewati, tapi gagal dan Ducati Desmosedici kalah cepat di trek lurusd dengan Honda RC212V. Akhirnya, ia harus puas dengan posisi ketiga.

Sangat disayang Andrea Dovizioso. Coba memberi tekanan kepada Lorenzo lap demi lap, meski tak dapat melewatinya. Beberapa kali dicoba namun selalu kandas.

Nasib sial menimpanya di lap 14. Ia terlempat dari motor di salah satu tikungan. Coba bangkit, namun posisinya sudah tertinggal jauh di belakang Lorenzo, Pedrosa dfan Stoner.

Tidak ada komentar: